Internet dikenal sebagai wadah ( komunitas ) yang
bebas dan terbuka bagi siapapun penggunanya. Dalam internet semua orang berhak
bertindak, berinisiatif, berkreasi dalam hal apa saja tanpa ada yang melarang dan
menentang. Internet sangat bebas bagi semua kalangan. Namun dibalik kebebasan
berinternet, ternyata berinternet juga memiliki batasan-batasan yang semestinya
diperhatikan bagi setiap penggunanya. Seperti halnya berkomunikasi melalui
surat analog atau bertatap muka, berkomunikasi melalui e-mail juga membutuhkan
etika yang berlaku bagi seluruh pengguna internet. Batasan-batasan atau etika
tersebut berupa tata tertib berinternet yang sering disebut Nettiquette (atau Netiket =
netter etiket).
Beberapa hal positif mengenai etika berinternet (Nettiquette) beberapa di
antaranya:
- Perlakukan e-mail secara pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau
gagasan secara pribadi, tidak sepatutnya kita mengirimnya ke forum umum,
seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat
komunikasi personal.
- Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan hal apapun terlebih hal-hal
negatif yang berkaitan dengan orang atau komunitas atau institusi tertentu.
Kendalikan diri terhadap apa yang ingin anda
tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan
si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain. Jika hal pesan (negatif)
tersebut sampai tersebar luas maka hal tersebut bisa mengancam rasa aman dan
kenyamanan si penulis pesan tersebut.
- Jangan gunakan huruf kapital
Seperti halnya membaca surat kabar,
membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan maka
hasilnya pun kurang enak dilihat. Tapi disamping itu, terutama dalam tata krama
berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya
dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada
maksud Anda.
- Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan
(reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan
mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus
bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan
saja.
- Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah
orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama
pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail
Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak
suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind
carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya
sendiri.
- Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting
ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail
rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak
terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
- Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk
akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab
pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata:
"Good." Wah, ini sangat menyebalkan.
- Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase
atau istilah By the Way (= ngomong-ngomong) bisa disingkat menjadi BTW. In My
Opinion (=menurut hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa
disingkat menjadi 'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat
How are you?, bisa diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat
saya" bisa diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar