Universal dalam Bahasa

Label: , , ,


I.              Pengertian Universal dalam Bahasa
Istilah “bahasa” didefinisikan sebagai wujud komunikasi antarmanusia untuk dapat saling mengerti satu sama lain, sebagaimana yang dilansir oleh Edward Sapir tahun 1921. Yang dimaksud “bahasa” merupakan sesuatu yang human specific (khas manusia).  Hewan tidak punya “bahasa” karena mereka hanya berkomunikasi dengan sinyal, yakni sinyal tubuh, bau, suara, warna, dan sebagainya. Bila Anda beranggapan sinyal ini merupakan “bahasa”, maka “sinyal manusia” lebih kompleks dan dapat berubah-ubah, dapat dimaknai dengan arti baru, serta dapat dikombinasi bermacam-macam. Sementara itu, “sinyal di dunia fauna” pada umumnya tidak dikombinasi dan tidak pernah membentuk arti baru.
Menurut National Geographic, tahun 2005 silam umat manusia di dunia secara aktif menggunakan 6.912 bahasa. Di antara ribuan bahasa tersebut sesama manusia dapat belajar bahasa yang berbeda-beda, walaupun dengan aksara yang berupa-rupa, tapi tetaplah bisa dipelajari karena sama-sama “bahasa manusia”.
Mana yang berperan membentuk bahasa lebih dulu: otak atau lingkungan?
Sistem komunikasi yang sama meskipun berupa banyak perbedaan, dalam hal ini bahasa yang digunakan umat manusia ini kemudian mendasari peranan kodrati (innate) sebagai pembentukan bahasa oleh manusia. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari peranan otak yang menjadi pusat segala aktivitas manusia. Otak menjadi salah satu faktor tumbuhnya bahasa sekaligus memegang peranan vital dalam fungsi-fungsi kebahasaan. Gagasan ini dikemukakan oleh Lenneberg, Chomsky, serta McNeil, dalam teori ini tugas lingkungan hanyalah memberi sedikit sentuhan sehingga nanti bahasa akan berkembang sendiri.
Berbeda dengan teori innate, pada kondisi lain dikatakan bahwa saat manusia dilahirkan, otak manusia bagaikan kertas yang putih bersih. Teori ini dinamakan teori tabularasa atau emperisme. Dikatakan dalam teori ini bahwa bahasa berkembang karena jasa lingkungan tempat tumbuhnya anak menjadi dewasa. Bahasa yang dijumpai oleh anak dalam lingkungannnya itulah yang akhirnya berwujud dalam otak. Teori ini mengatakan bahwa bahasa tak akan berkembang tanpa jasa lingkungan.
Benarkah bahasa manusia benar-benar beda?
Kata orang kuno, bahasa yang berbeda-beda “memisahkan” manusia sehingga kerap menyebabkan timbulnya salah paham. Namun, sebenarnya tidak ada perbedaan fundamental antara bahasa Jerman, Mandarin, Arab, Jawa Kuno, Jepang, Sansekerta, atau Bahasa Indonesia sekali pun. Karena itu, bahasa apa pun, asalkan masih “bahasa manusia”, dapatlah dipelajari. Orang Indonesia bisa belajar bahasa Rusia, orang Zimbabwe bisa belajar bahasa Tagalog, dan orang Eskimo bisa diajari bahasa Hindi, tapi “bahasa” hewani tidak bisa dipelajari dan diajarkan.
Kebisaan antarmanusia dapat saling mempelajari semua bahasa di dunia membuat salah satu calon linguis besar dunia pada 1950-an, Noam Chomsky, membuat satu hipotesis bahwa basis semua bahasa di dunia adalah tata bahasa universal, yang ada dalam diri setiap orang. Hipotesis ini menjadi sangat heboh pada saat itu. Hal itu kemudian menyulut revolusi di riset otak manusia. Hipotesis itu berkembang pesat, dan kemudian menjadi semacam gerakan ahli bahasa (disebut “linguis”) untuk mencari kaidah-kaidah keuniversalan bahasa manusia (disebut “tatabahasa universal”).
Tatabahasa universal adalah kumpulan aturan, yang kemudian disimpulkan struktur setiap bahasa manusia bumi. Tata bahasa universal ini asli bawaan setiap manusia, tertancap erat di otak kita. Mereka membentuk matriks, kerangka semua bahasa manusia. Seandainya tidak ada tata bahasa universal ini, kemungkinan besar bahasa-bahasa di muka bumi ini akan sangat berlainan sehingga bagi manusia yang bahasanya tidak sama, tidak akan dapat saling berkomunikasi.
Persamaan bahasa-bahasa di dunia.
Bahasa-bahasa di dunia memiliki beberapa persamaan, yakni :
1.             Bahasa-bahasa di dunia menggunakan butir-butir linguistik yang jenisnya sama,
2.             Bahasa-bahasa di dunia memiliki jenis varian yang sama,
3.      Bahasa-bahasa di dunia sama-sama menggunakan aturan gramatikal yang mendasari struktur butir-butir tersebut,
4.             Bahasa tersebut menggunakan sistem perlambangan makna yang sama,
5.             Bahasa-bahasa di dunia bersifat kreatif,
6.             Pemerolehan bahasa melalui proses tahapan-tahapan yang sama, dan
7.    Dalam berkomunikasi orang cenderung menyesuaikan diri kepada mitra bicara dan norma komunikasi agar komunikasi berjalan lancar.
Dari berbagai laporan penelitian sosiolinguistik dapat dicatat bahwa semua bahasa memiliki varian seperti idiolek, dialek, ragam, undak-usuk, dan register (Gumperz dan Hymes, 1972, Fishman, 1972, Halliday, 1979, Poedjosoedarmo, 1984).

II.                   Universalitas bahasa dan timbulnya varian bahasa
Terdapat suatu gejala perubahan gramatika yang merupakan pertemuan antara kekuatan yang bersifat universal dengan bentuk-bentuk yang ada di luar jangkauan otak. Pertemuan ini mengakibatkan  perubahan gramatikal yang sifatnya berantai. Bentuk yang satu mempengaruhi bentuk yang lain, sebagai akibatnya terjadi serentetan perubahan-perubahan. Hal ini terjadi karena aturan gramatika harus menjamin kemampuan bahasa yang pada akhirnya selalu efisien.
Timbulnya dialek berarti timbulnya perubahan pada beberapa sistem suatu bahasa. Perubahan ini dapat terjadi pada sistem fonologi, morfologi, dan sistem sintaksis.  Apabila pola intonasi kalimat berubah, maka tekanan pada kata berubah, kemudian dibarengi dengan perubahan jenis urutan kata dan frasa atau bahkan urutan frasa dalam kalimat. Setelah itu, perubahan ini dapat bersifat drastis, misalnya berupa hilangnya beberapa afiks serta munculnya pemarkah-pemarkah baru. Perubahan berantai semacam ini menjadikan bahasa yang tadinya sama menjadi sangat berbeda.

III.                   Fungsi Bahasa dalam Universal
Dalam keilmuan dapat dipahami bahwa bahasa memiliki sifat yang teratur, berpola, memiliki makna dan fungsi. Sistematis diartikan pula bahwa bahasa tersusun menurut suatu pola, tidak tersusun acak. Karenanya, sebagai sebuah sistem, bahasa juga sistemik. Bahasa sebagai lambang artinya memiliki simbol untuk menyampaikan pesan kepada lawan bicara. Bahasa berfungsi untuk menegaskan bahasa yang hendak disampaikan.
Bahasa itu adalah Bunyi. Kata bunyi berbeda dengan kata suara. Menurut Krdaklaksana (1983:27) bunyi adalah pesan dari pusat saraf sebagai akibat dari gendang telinga yang bereaksi karena perubahan- perubahan dalam tekanan udara. Karena itu, banyak ahli menyatakan bahwa yang disebut bahasa itu adalah yang sifatnya primer, dapat diucapkan dan menghasilkan bunyi.
Bahasa itu adalah Tulisan. Dengan demikian, bahasa tulis adalah bahasa sekunder yang sifatnya berupa rekaman dari bahasa lisan, yang apabila dibacakan atau dihafalkan tetap melahirkan bunyi juga. Sebagai bunyi, bahasa berfungsi untuk menyampaikan pesan lambang dari kebahasaan sebagaimana disebutkan diatas bahwa bahasa juga bersifat lambang.
Bahasa itu Bermakna. Bahasa sebagai suatu hal yang bermakna erat dengan kaitannya sistem lambang bunyi. Oleh sebab itu, dilambangkan dengan suatu pengertian, suatu konsep, sutau ide, atau suatu pikiran, yang hendak disampaikan melalui wujud bunyi bahasa yang bermakna. Bahasa dapat berupa satuan-satuan bahasa yang berwujud morfem, kata, frasa, klausa, kalimat, dan wacana.
Bahasa itu Arbitrer. Arbitrer dapat diartikan semena-mena, berubah-ubah, tidak tetap. Arbitrer diartikan pula dengan tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi) dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut. Hal ini berfungsi untuk memudahkan orang dalam melakukan tindakan kebahasaan.
Bahasa itu Unik. Bahasa dikatakan memiliki sifat yang unik karena setiap bahasa memiliki ciri khas sendiri yang dimungkinkan tidak dimiliki oleh bahasa yang lain. Ciri khas ini menyangkut sistem bunyi, siistem pembentukan kata, sistem pembentukan kalimat dan sistem-sistem lainnya. Diantara keunikan yang dimiliki bahasa memiliki tekanan kata bersifat morfemis, melainkan sintaksis. Bahasa bersifat unik berfungsi untuk membedakan antara bahasa yang satu dengan lainnya.
Bahasa itu Universal, selain unik dengan ciri-criri khas tersendiri, setiap bahasa juga dimungkinkan memiliki ciri yang sama untuk beberapa kategori. Hal ini bisa dilihat pada fungsi dan beberapa sifat bahasa. Karena bahasa itu bersifat ujaran, ciri yang paling umum dimiliki oleh setiap bahasa itu adalah memiliki vokal dan konsonan. Namun, beberapa vokal dan konsonan pada setiap bahasa tidak selamanya menjadi persoalan keunikan. Bahasa Indonesia misalnya, memiliki 5 buah vokal dan 21 konsonan, tetapi bahasa Arab memiliki 3 buah vokal pendek, 3 buah vokal panjang, serta 28 konsonan (Al- Khuli, 1982:321). Oleh sifatnya yang universal, bahasa memiliki fungsi yang sangat umum dan menyeluruh dalam tindakan komunikasi.
Bahasa itu Bervariasi. Setiap masyarakat memiliki variasi atau ragam dalam bertutur. Bahasa Aceh misalnya, antara penutur bahasa Aceh bagi masyarakat Aceh Barat dengan masyarakat Aceh Utara memiliki variasi. Variasi bahasa dapat terjadi secara idiolek, dialek, kronolek, sosiolek, dan fungsional.
Bahasa itu Dinamis. Hampir disetiap tindakan manusia selalu menggunakan bahasa. Bahkan, dalam bermimpi pun, menggunakan bahasa. Karena setiap tindakan manusia sering berubah-ubah seiring perubahan zaman yang diikuti oleh perubahan pola pikir manusia, bahasa yang digunakan pun kerap memiliki perubahan. Inilah yang dimaksud dengan dinamis. Dengan kata lain, bahasa tidak statis, tetapi akan terus berubah mengikuti kebutuhan dan tuntutan pemakai bahasa.
Bahasa sebagai alat Interaksi Sosial. Bahasa sebagai alat interaksi sosial sangat jelas fungsinya, yakni dalam interaksi, manusia memang tidak dapat terlepas dari bahasa. Hampir di setiap tindakan manusia tidak terlepas dari bahasa, maka salah satu hakikat bahasa menjadi alat komunikasi dalam bergaul sehari-hari.
Bahasa sebagai Identitas Diri. Bahasa juga dapat menjadi identitas diri pengguna bahasa tersebut. Hal ini disebabkan bahasa juga menjadi cerminan dari sikap seseorang dalam berinteraksi. Sebagai identitas diri, bahasa akan menjadi penunjuk karakter pemakai bahasa tersebut.
Bahasa sebagai alat Komunikasi. Dengan menggunakan bahasa, manusia dapat berhubungan dengan alam sekitarnya, terutama dengan sesama manusia. Bahasa merupakan alat untuk merumuskan apa yang ada dalam pikirannya, apa yang dirasakan, dan apa yang dikehendakinya. Apa yang dipikirkan itu dapat disampaikan kepada orang lain melalui bahasa, sehingga dapat diciptakan kerja sama antar sesama manusia. Dengan bahasa pula manusia dapat mengatur kegiatannya yang berhubungan dengan kehidupan kemasyarakatannya.
Bahasa sebagai alat Ekspresi Diri Bahasa merupakan wujud atau pernyataan keberadaan manusia dimuka bumi ini. Manusia dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di alam pikirannya kepada orang lain (bayi, remaja, dewasa sampai kepada orang tua), semuanya tetap menyatakan diri dengan bahasa. Bayi yang menangis merupakan tanda keberadaannya, agar orang lain dapat mengerti apa yang dirasakannya atau apa yang diinginkannya, misalnya haus atau lapar biasanya ia nyatakan dalam bentuk tangisan untuk mewakili perasaannya.
Bahasa sebagai alat Integrasi dan Adaptasi Sosial. Pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Kelompok masyarakat yang satu pasti membutuhkan kelompok masyarakat yang lain untuk berkomunikasi kemudian diadaptasikan kepada orang lain maupun diri sendiri. Alat yang digunakan berintegrasi dan beradaptasi itu adalah bahasa. Bahasa yang digunakan hendaknya sesuai dengan kondisi setempat, warga masyarakat harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk penyesuaian tersebut maka bahasa lah yang memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana aman dan damai.
Bahasa sebagai alat Penampung dan Penerus Kebudayaan. Kontak manusia dengan alam sekitarnya dapat melahirkan karya budaya. Manusia mendekati dan mengelola alam, alatnya ialah bahasa, dan hasil penemuan selalu dilambangkan dengan bahasa. Karya budaya yang dihasilkan oleh manusia masa lampau dapat dilestarikan dengan bahasa sehingga dapat dinikmati dan dikembangkan oleh manusia masa kini dan dilanjutkan atau diwariskan kepada generasi selanjutnya.
Bahasa juga berfungsi menghubungkan ruang atau tempat yang satu dengan tempat yang lain misalnya apa yang terjadi di Amerika atau di dunia yang lain dapat diketahui di Indonesia dalam waktu yang relatif singkat karena adanya bahasa dengan bantuan teknologi modern. Peristiwa yang dialami manusia berlangsung terus menerus diabadikan dengan bahasa dalam wujud sejarah. Fungsi bahasa Indonesia berhubungan dengan kedudukan bahasa Indonesia. Kedudukan itu diperoleh berdasarkan pengalaman sejarah bangsa Indonesia yang berkaitan dengan perkembangan bahasa Indonesia.



Daftar Referensi :

Kamus Besar. (2012). Universalitas. Diakses tanggal 23 Oktober, 2012 dari http://www.kamusbesar.com/42801/universalitas

Prayogi, I. (2012). Universalitas Bahasa (Tinjauan Singkat). Diakses tanggal 23 Oktober, 2012 dari http://bahasa.kompasiana.com/2012/04/12/universalitas-bahasa-tinjauan-singkat/

0 komentar:

Posting Komentar